Hidup Terasa Berarti Dengan Berbagi

Rabu, 30 Oktober 2013

Kompetisi di Era Teknologi


Di era teknologi yang terus berkembang pesat membuat banyak inovasi baru yang terus bermunculan. Tak pelak hal ini membuat persaingan dalam dunia kerja semakin sengit. Mereka yang mempunyai inovasi kreatif dan selalu mengikuti perkembangan jaman yang akan mampu bertahan. Menjawab akan hal itu, jurusan teknik elektro Universitas Negeri Malang (UM) pada Kamis (24/10/2013) mengadakan kuliah tamu dengan mengusung tema “Perkembangan Teknologi di Bidang Elektronika dan Elektro Sebagai Solusi Kebutuhan Manusia di Era Global”.

          Acara yang berlangsung di Aula Gedung H5 Fakultas Teknik UM ini bertujuan untuk memberikan paragidma baru kepada mahsiswa teknik elektro tentang perkembangan teknologi yang akan dibutuhkan manusia pada masa mendatang. Selain itu dalam sambutannya Drs. Slamet Wibawanto, M.T selaku ketua jurusan teknik elektro menuturkan di gagasnya acara ini juga bertujuan untuk mencetak mahasiswa yang penuh inovasi dan kreatif, yang pada akhirnya para mahasiswa diharapkan mampu memberikan sumbangsinya kepada bangsa.

Menghadirkan Dr. Syaiffudin selaku dosen tamu dan juga menjabat sebagai vice president of corporate secretary dari PT Len Industri (Persero). Dalam pemaparan beliau dijelaskan tentang paradigma baru ekonomi dunia yang semakin mengarah pada inovasi-inovasi baru teknologi. Pertumbuhan ekonomi tegantung pada inovasi yang mampu diciptakan oleh suatu bangsa. Hal ini dapat terjadi bila sumber daya manusia suatu negara terdidik dengan baik. Sehingga jika suatu negara mempunyai kualitas pendidikan yang rendah maka pertumbuhan ekonominya pun rendah. Disinilah peran dari Perguruan Tinggi untuk menciptakan sumber daya manusia yang tangguh, terdidik, inovatif dan kreatif.

Pada akhir acara Bapak Syaiffudin menyampaikan 5 hal yang harus dimiliki seseorang agar mampu bersaing di masa mendatang yaitu skills, knowledge, capabilities, experiences, dan ekposure. Selain itu beliau menekankan pentingnya soft skills atau perilaku yang baik dalam segala bidang.

0 komentar

Posting Komentar