Hidup Terasa Berarti Dengan Berbagi

Rabu, 30 Oktober 2013

Menjadi TKI, Kenapa Tidak?


Di balik kisah sukses para tenaga kerja Indonesia (TKI) di luar negeri, tak sedikit kisah duka yang membuat miris siapa saja yang mendengarnya. Apakah begitu menyeramkan bekerja di luar negeri? Minggu (10/3/2013) di Balai Latihan Kerja Industri (BLKI) Singosari, Malang, penulis mengikuti seminar Peluang Bekerja di Korea. Bekerja sama dengan Hana Education seminar bertujuan untuk mengenalkan Korea sebagai negara yang aman bagi pekerja asing. Sekitar 50 peserta tampak menyimak seminar.

Sengguruh Nilowardono, sebagai pemateri utama seminar mengemukakan kenapa bekerja di Korea begitu menggiurkan dan dijamin keamanannya? Program kerja di Korea merupakan kerjasama antar negara, antara pemerintah Indonesia dengan Korea sehingga seluruhnya merupakan program yang legal. Untuk bisa bekerja di Korea, para calon TKI tak bisa menggunakan jasa perusahan jasa tenaga kerja Indonesia (PJTKI) yang selama ini umum digunakan sebagai penyalur TKI ke luar negeri.

PJTKI tak dilibatkan karena program ini langsung ditangani pemerintah dan bidang yang paling banyak dibutuhkan di Korea adalah sebagai operator industri dengan penghasilan mencapai 15 juta rupih per bulan. Selain itu pekerja masih mendapat asuransi kesehatan, tempat tinggal, dan hak untuk cuti.

Korea, imbuh Senggurh, membutuhkan pria dan wanita berumur antara 18 tahun hingga 39 tahun, berijasah minimal SMP dan yang utama lulus seleksi tes bahasa Korea. Syarat terakhir adalah mutlak karena hal itulah yang menentukan apakah calon TKI bisa diberangkatkan ke Korea atau tidak. Seleksi tes bahasa Korea diadakan setiap tahun oleh pemerintah pusat di sejumlah kota, seperti Jakarta, Bandung, Medan dan Surabaya. Setelah dinyatakan lulus tes seleksi bahasa Korea calon TKI harus menyertakan beberapa persyaratan administrasi seperti tes kesehatan, paspor, SKCK, dan lainnya.
Biaya pemberangkatan ke Korea ditanggung sendiri oleh calon TKI, namun tak perlu khawatir bagi mereka yang tak punya biaya karena pemerintah bekerjasama dengan Bank BRI mengucurkan program kredit usaha rakyat (KUR) TKI untuk biaya pemberangkatan ke Korea dengan bunga rendah. Dengan berbagai jaminan keamanan, fasilitas, dan gaji yang menggiurkan tidak ada salahnya untuk bekerja di Korea, negara yang banyak dikenal oleh remaja dangan music K-Pop, namun juka merupakan negara yang menjamin keselamatan para pekerja asing.

0 komentar

Posting Komentar