Hidup Terasa Berarti Dengan Berbagi

Rabu, 30 Oktober 2013

Wisata Industri


Indonesia sebagai negara berkembang mempunyai banyak industri yang semakin tumbuh pesat. Tumbuhnya industri tentunya membutuhkan sumber daya manusia yang kompeten dalam proses produksi. Tenaga yang terdidik harus mempunyai wawasan dan ilmu yang dapat diaplikasikan di dunia industri. Untuk itulah pada rabu (3/4/2013) mahasiswa program studi pendidikan teknik elektro Universitas Negeri Malang melakukan kunjungan industri ke PT. Petrokimia Gresik. Kunjungan industri mempunyai tujuan untuk memberikan wawasan kepada mahasiswa tentang dunia industri yang sesungguhnya serta sebagai persiapan menuju dunia kerja.

Sejumlah 58 mahasiswa diterima oleh staf departemen humas PT. Petrokimia Gresik. Bertempat di ruang seroja para mahasiswa diberikan pemaparan oleh staf humas tentang bagaimana proses industri Petrokimia Gresik. Perusahaan yang terletak di jalan Jendral Akhmad Yani Gresik ini memproduksi berbagai produk pupuk pertanian dan produk non pupuk. Selain itu juga ditayangkan video profil tentang perusahaan yang berdurasi sekitar 8 menit. Dengan moto perusahaan “Suburkan Negeri, Sejahterahkan Petani” Petrokimia Gresik berkomitmen untuk selalu mendukung para petani demi tercapainya swasembada pangan nasional. Berbagai percapaian perusahaan juga dipaparkan di ruangan yang berkapasitas sekitar 60 orang tersebut. Menurut pemamparan staf humas, Petrokimia Gresik adalah perusahaan pupuk terbesar di Asia Tenggara dengan jumlah produksi mencapai 6,1 juta ton/tahun. Selain itu juga mendapatkan gelar sebagai perusahaan paling inovatif dari Kementrian BUMN dengan 30 produk inovatif yang dihasilkan oleh Petrokimia Gresik.

Seluruh mahasiswa menyimak dengan antusias pada sesi presentasi tersebut sehingga berbagai pertanyaan muncul dari para mahasiswa di akhir pemaparan. Mulai dari bagaimana teknologi yang digunakan dalam proses produksi Petrokimia Gresik hingga pertanyaan tentang proses penerimaan karyawan. Selesai sesi presentasi oleh staf humas Petrokimia Gresik seluruh mahasiswa di ajak untuk berkeliling di areal perusahaan untuk melihat proses produksi. Dengan menggunakan bus perusahaan para mahasiswa bisa melihat lebih dekat lingkungan industri yang mempunyai luas lebih dari 450 Ha tersebut. Para mahasiswa juga di ajak ke pelabuhan yang dimiliki sendiri oleh Petrokimia Gresik untuk melihat proses bongkar muat produk dan bahan produksi PT. Petrokimia Gresik.
Banyak hal menarik yang bisa di dapat oleh mahasiswa selama kunjungan industri, bukan hanya menambah pengetahuan tentang proses produksi namun juga mampu memberikan gambaran nyata tentang dunia industri yang sudah berskala besar. Wisata industri yang memberikan makna tersendiri bagi para calon  sarjana teknik guna siap menghadapi dunia kerja.

0 komentar

Posting Komentar