Hidup Terasa Berarti Dengan Berbagi

Selasa, 15 Oktober 2013

Melatih Mahasiswa Berkreatif


Mahasiswa sering disebut sebagai agent of change atau agen perubahan. Dengan predikat tersebut mahasiswa dituntut untuk dapat berpikiran kreatif, inovatif dan visioner. Sebagai kaum yang terdidik, mahasiswa juga diharapkan mampu memberikan kontribusi nyata dalam mengatasi permasalahan di masyarakat. Mahasiswa sebagai generasi penerus bangsa harus mampu menjawab berbagai tuntutan dalam masyarakat tersebut dengan menerapkan ilmu yang didapat agar berguna bagi masyarakat. Untuk itulah hal yang harus dilatih oleh mahasiswa adalah kreatifitas. Kreatifitas dalam menciptakan suatu inovasi yang akan berguna bagi masyarakat.

Jumat (04/10/2013) Universitas Negeri Malang (UM) mengadakan acara dengan tema “Pelatihan Penyusunan Proposal Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM)”. PKM adalah program dari Dirjen Pendidikan Tinggi Kemendikbud guna memberikan peluang kepada mahasiswa untuk berkarya seluas-luasnya dalam menerapkan minat, bakat dan kreasi mereka. Bertempat di Aula gedung A3 Universitas Negeri Malang (UM) sekitar 300 mahasiswa tampak menyimak berbagai pemaparan yang disampaikan oleh Tim Dosen Penalaran UM.

Pada acara pelatihan tersebut dipaparkan bagaimana menyusun proposal PKM agar sesuai dengan paduan PKM yang dikeluarkan oleh Dirjen Pendidikan Tinggi Kemendikbud. Jenis-jenis Program Kreatifitas Mahasiswa terdiri dari PKM-Penelitian (PKM-P), PKM-Kewirausahaan (PKM-K), PKM-Pengabdian kepada Masyarakat (PKM-M), PKM-Penerapan Teknologi (PKM-T), PKM-Artikel Ilmiah (PKM-AI), PKM-Gagasan Tertulis (PKM-GT), dan PKM-Karsacipta (PKM-KC). Masing-masing jenis PKM mempunyai format dan karakteristik yang berbeda. Setiap pengajuan proposal PKM mahasiswa harus mengacu pada buku panduan PKM agar dapat lolos seleksi yang dilakukan oleh Dikti. Penilaian PKM didasarkan atas level kreativitas mahasiswa dan orisinalitas. Setiap PKM yang lolos akan melaju ke Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) yang diselenggarakan setiap tahun dengan tempat penyelenggaraan berbeda-beda setiap tahunnya.

Diakhir acara pelatihan berbagai pertanyaan di sampaikan oleh peserta yang sebagian besar telah mempunyai gagasan dalam membuat Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM) tersebut. Diadakannya Pelatihan Penyusunan Proposal Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM) ini, diharapkan mahasiswa mampu menyusun proposal PKM dengan ketentuan-ketentuan yang telah ditetapkan oleh Dikti agar proposal mereka lolos didanai dan mampu menembus ke PIMNAS. Selain itu kegiatan ini juga mendorong mahasiswa untuk mempu berkreatif dan memberikan sumbangsinya kepada bangsa.

0 komentar

Posting Komentar